INDONESIA OF MY DREAM CONTEST 2010
>> Jumat, 12 Februari 2010
Tentang "Indonesia of My Dream Contest 2010" ini terbuka untuk semua sekolah di Indonesia. Peserta kontes ini dapat diikuti siswa dan guru dari tingkat SD / SMP sekolah untuk sekunder / sekolah tinggi di seluruh Indonesia. Ruang Proyek ini akan menjadi tuan rumah semua informasi yang berkaitan dengan "Indonesia Contest 2010".
Tujuan kontes ini adalah untuk memotivasi siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan solusi untuk memecahkan masalah-masalah dalam masyarakat Indonesia, sementara abad ke-21 memperoleh keterampilan selama proses penciptaan proyek-proyek mereka.
Silahkan membentuk tim dan bergabung dengan kontes, karena akan ada banyak hadiah menarik yang akan menang!!!
Yang berminat : http://www.thinkquest.org
Target Participants/Sasaran Peserta
Mrs. Huda Editor: Mr. AdinugrohoParticipants of the competition will be students and teachers of all kinds of subjects in a school, levels ranging from elementary/junior school to secondary/high school all across Indonesia.
Peserta lomba adalah siswa-siswi dan guru mata pelajaran apa saja mulai tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah di seluruh Indonesia.
Peserta lomba adalah siswa-siswi dan guru mata pelajaran apa saja mulai tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah di seluruh Indonesia.
Topics/Topik Karya
Mrs. Huda Editors: Ditya A, Resnanda P, Retno Ayu STOPICS
Each team must choose only one topic category to classify their entries in. The choices are:
TOPIK KARYA
Topik karya yang harus dipilih oleh peserta tim kontes:
Each team must choose only one topic category to classify their entries in. The choices are:
- How do we become a corruption-free Indonesia? (Korupsi)
- How to create a healthy living environment in Indonesia? (Lingkungan)
- Why is Indonesia a land of frequent natural disasters? (Bencana)
- How to preserve the arts & culture of Indonesia? (Budaya)
- In Indonesia, how to make good use of the Internet in our teaching and learning? (Teknologi)
TOPIK KARYA
Topik karya yang harus dipilih oleh peserta tim kontes:
- Bagaimana menjadikan Indonesia bebas dari korupsi? (Korupsi)
- Bagaimana menciptakan lingkungan hidup yang sehat di Indonesia? (Lingkungan)
- Mengapa banyak terjadi bencana alam di Indonesia? (Bencana)
- Bagaimana melestarikan seni budaya Indonesia? (Budaya)
- Bagaimana memanfaatkan internet dengan baik dalam proses belajar mengajar di Indonesia? (Teknologi)
Nov. 18, 2009
Participant Requirements/Persyaratan Peserta
Mrs. Huda Editor: Mr. Adinugroho- School has already been a member of ThinkQuest Projects
- Students and teachers already have accounts in ThinkQuest Projects
- Each team consists of 1 (one) teacher coach and 3 (three) student participants
- Student participants in a team can be from different schools, but must be in the same level.
- A teacher can form and coach more than one team, but a student cannot be in more than one team.
- Sekolah sudah menjadi anggota/pengguna ThinkQuest Projects
- Siswa dan guru sudah mempunyai account ThinkQuest Projects
- Tergabung dalam satu tim yang terdiri dari 1 (satu) guru pembimbing dan 3 (tiga) siswa
- Siswa peserta dalam satu tim boleh berasal dari sekolah berbeda, tetapi harus dari jenjang pendidikan yang sama.
- Satu guru dapat membentuk lebih dari satu tim, tetapi siswa yang sama tidak boleh terdaftar pada tim lain
"Who can see this content?"
Mr. Adinugroho Editor: Mrs. HudaWhen creating contents, each item must be visible to all ThinkQuest members. Under "Who can see this content?", please select "Public Content (visible to all ThinkQuest members)".
You can, alternatively, toggle visibility on and off through the orange edit bar (the button with the eye icon).
Ketika mengisi halaman dengan tools yang tersedia (Write, Upload, Interact), mohon pilih opsi "Public Content (visible to all ThinkQuest members)" di bagian "Who can see this content?".
Anda bisa juga melakukan perubahan visibility setiap item dengan meng-klik tombol paling kiri di edit bar berwarna oranye (tombol yang bergambar mata)
You can, alternatively, toggle visibility on and off through the orange edit bar (the button with the eye icon).
Ketika mengisi halaman dengan tools yang tersedia (Write, Upload, Interact), mohon pilih opsi "Public Content (visible to all ThinkQuest members)" di bagian "Who can see this content?".
Anda bisa juga melakukan perubahan visibility setiap item dengan meng-klik tombol paling kiri di edit bar berwarna oranye (tombol yang bergambar mata)
Project Settings/Pengaturan Karya
Mr. Adinugroho Editors: Michaela S, Mahasagara SPROJECT SETTINGS
The team must set their projects with the following parameters:
TimelineFixed Timeline: December 1, 2009 - March 12, 2010
CategoryFree to choose - according to your project's theme.
Project SummaryPlease insert a brief description about your project.
Membership TypeYour project must be set as "Closed Membership".
Age RangePlease set according to your participants' age range.
Publishing & EditingCan students publish content: Yes
Can students edit or delete another student's content: Yes
PENGATURAN KARYAPada menu "Project Settings", silakan ikuti panduan berikut:
TimelineFixed Timeline: December 1, 2009 - March 12, 2010
CategoryBebas memilih sesuai topik karya Anda.
Project SummaryMasukkan rangkuman singkat tentang karya Anda.
Membership TypeAnda harus memilih "Closed Membership".
Age RangeSesuai rentang umur anggota.
Publishing & EditingCan students publish content: Yes
Can students edit or delete another student's content: Yes
The team must set their projects with the following parameters:
TimelineFixed Timeline: December 1, 2009 - March 12, 2010
CategoryFree to choose - according to your project's theme.
Project SummaryPlease insert a brief description about your project.
Membership TypeYour project must be set as "Closed Membership".
Age RangePlease set according to your participants' age range.
Publishing & EditingCan students publish content: Yes
Can students edit or delete another student's content: Yes
PENGATURAN KARYAPada menu "Project Settings", silakan ikuti panduan berikut:
TimelineFixed Timeline: December 1, 2009 - March 12, 2010
CategoryBebas memilih sesuai topik karya Anda.
Project SummaryMasukkan rangkuman singkat tentang karya Anda.
Membership TypeAnda harus memilih "Closed Membership".
Age RangeSesuai rentang umur anggota.
Publishing & EditingCan students publish content: Yes
Can students edit or delete another student's content: Yes
Deadline/Tenggat Waktu
Mr. Adinugroho Editor: Mrs. HudaTeams can edit entries until 00:00 March 13, 2010. Past that time, teams are not allowed to edit their entries. We can track changes made to entries after the deadline, and will disqualify any changes made after the deadline.
Tim dapat menyunting karya mereka sampai pukul 00:00 pada tanggal 13 Maret, 2010. Lewat dari waktu tersebut, tim tidak dapat menyunting karyanya lagi. Kami dapat mengetahui apakah suatu karya berubah setelah tenggat waktu tersebut dengan sistem tracking di ThinkQuest, kami akan mendiskualifikasi setiap perubahan yang dilakukan setelah tenggat waktu berakhir.
Tim dapat menyunting karya mereka sampai pukul 00:00 pada tanggal 13 Maret, 2010. Lewat dari waktu tersebut, tim tidak dapat menyunting karyanya lagi. Kami dapat mengetahui apakah suatu karya berubah setelah tenggat waktu tersebut dengan sistem tracking di ThinkQuest, kami akan mendiskualifikasi setiap perubahan yang dilakukan setelah tenggat waktu berakhir.
Nov. 11, 2009
Evaluation Criteria
Mrs. Huda Editor: Mr. AdinugrohoEach of the criteria below is worth 10 points. Judges will evaluate entries in accordance with these criteria, entering a numerical score (0 to 10) for each of the criteria.
Content (10 points)- Project expertly explores the chosen topic, evidenced by depth of information, supporting details and a variety of sources.
- All content is accurate and current.
- Media elements (e.g. movies, photo essays, digital stories) include a concise written synopsis that enhances the portrayal of the topic.
- Content is written in English using correct grammar, punctuation and spelling.
- Writing is concise and easy to understand.
- All content is effectively organized so as to hold the reader’s attention and ease transition between sections.
- Project is creative and original in its approach to presenting the topic.
- A variety of information sources are used, including primary sources such as interviews, surveys, personal observations, original artwork and multimedia recordings.
- Written content, and where appropriate, photographs and artwork are clearly the original work of the students.
- The majority of written content is not paraphrased or copied from outside sources.
- Project structure, design and style are unique and original.
- Content is written and organized for a student audience.
- Team effectively describes its intended audience and relevance to teaching and learning according to the purpose of the project.
- All content (e.g. written, media elements) is educational and informative.
- Team has selected a topic of national importance and maintained focus on this topic throughout their project.
- Project proactively presents diverse viewpoints on the topic, with clear differentiation between opinion and fact.
- Project intentionally raises awareness, presents action steps, and effectively engages others in addressing the issue and making a difference for Indonesia.
- All sources used to research and create the project are clearly identified and credited, ideally as footnotes on the relevant page as well as on a summary citations page.
- In-Text References are effectively utilized throughout the project.
- If the project includes legally protected materials (e.g. copyrighted information, images, audio, video), permission to use these materials is clearly stated or noted as public domain.
- Citations re credible and thorough enough to verify content.
- Project includes a candid narrative on how the team worked together to create the project, divide tasks, share responsibilities, and overcome challenges.
- Students share reflections on difficulties encountered, group problem solving, and teamwork as experienced during the competition.
- Student team members come from multiple socioeconomic backgrounds, cultural groups, or have overcome other challenges to participate.
- Team effectively utilizes their diversity to explore and present the topic.
- Project explains how the team is diverse and the ways in which this diversity is reflected in the development and content of the project.
- The site’s design and layout make it easy to use. Every page is visually well organized.
- Colors, fonts, and overall layout are creative, artistic, consistent across the project and do not interfere with the ability to easily read content.
- There are limited, or no technical problems (e.g. broken links, missing files, etc.).
- Creative and purposeful use of media (e.g. images, audio, video, animation, games, interactive features, etc.) enhances the presentation of information by engaging the user more deeply and demonstrating key concepts.
- All media elements are an essential component creating understanding and emotional impact.
Kriteria Penilaian
Mr. AdinugrohoKonten (10 poin)
- Karya yang dihasilkan merupakan project yang layak dan dapat dijadikan referensi. Kualitas karya dibuktikan dengan kedalaman informasi dan didukung berbagai sumber.
- Semua konten akurat dan terkini.
- Memanfaatkan komponen pendukung dengan baik (misalnya film, foto esai, cerita digital)
- Konten yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan tata bahasa, tanda baca dan ejaan yang baik & benar.
- Menulis dengan ringkas dan mudah dimengerti.
- Semua konten terstruktur secara efektif sehingga dapat menarik perhatian pembaca dan memiliki keterkaitan antar paragraf.
- Karya harus kreatif dan orisinil dalam penyajian topik.
- Berbagai sumber informasi yang digunakan, termasuk sumber-sumber utama seperti wawancara, survei, pengamatan pribadi, karya seni dan multimedia merupakan data yang dapat dipertanggungjawabkan.
- Konten ditulis dengan tepat. Foto dan karya seni merupakan karya asli siswa.
- Sebagian besar konten tidak disadur atau disalin dari sumber luar.
- Karya terstruktur dengan desain dan gaya yang unik juga asli.
- Perhatikan informasi mengenai plagiarisme.
- Konten ditulis dan disusun untuk audiens siswa.
- Tim secara efektif menampilkan karya dan relevansi yang dimaksud untuk proses belajar dan mengajar sesuai dengan tujuan karya.
- Semua konten (misalnya ditulis, komponen media) bersifat mendidik dan informatif.
- Tim telah memilih topik yang berwawasan ke-Indonesia-an dan mempertahankan fokus pada topik tersebut disetiap bagiannya.
- Karya bersifat proaktif menyajikan sudut pandang beragam topik, dengan pembedaan yang jelas antara opini dan fakta.
- Karya menimbulkan kesadaran, menyajikan langkah-langkah tindakan, dan secara efektif melibatkan orang lain dalam menangani masalah ini dan membuat perbedaan/menyajikan solusi bagi Indonesia.
- Semua sumber yang digunakan untuk penelitian dan membuat karya secara jelas diidentifikasikan, idealnya sebagai catatan kaki pada halaman yang relevan serta pada ringkasan halaman kutipan.
- Jika didalam karya terdapat isi yang dilindungi oleh hukum (misalnya informasi hak cipta, gambar, audio, video), izin untuk menggunakan materi-materi ini jelas dinyatakan atau tercatat sebagai domain publik.*
- Catatan kaki yang kredibel dan cukup menyeluruh untuk memverifikasi konten.
- Profil karya termasuk narasi tentang bagaimana tim bekerja sama untuk menciptakan karya, membagi tugas, berbagi tanggung jawab, dan mengatasi tantangan.
- Siswa saling berbagi mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi, pemecahan masalah kelompok, dan kerja sama yang dialami selama kompetisi.
- Siswa anggota tim berasal dari berbagai latar belakang sosial ekonomi, kelompok-kelompok kebudayaan, atau telah mengatasi tantangan lain untuk berpartisipasi.
- Tim secara efektif memanfaatkan keanekaragaman mereka untuk mengeksplorasi dan menyajikan topik.
- Profil karya menjelaskan bagaimana tim yang beragam dan cara-cara di mana keragaman ini tercermin dalam pengembangan dan isi karya.
- Desain dan tata letak membuatnya mudah digunakan. Setiap halaman secara visual terorganisir dengan baik.
- Warna, font, dan keseluruhan tata letak yang kreatif, artistik, konsisten di seluruh bagian karya dan tidak menghalangi dalam membaca konten.
- Tidak ada masalah teknis (misalnya broken links, file yang hilang, dll).
- Kreatifitas dan tujuan penggunaan media (misalnya gambar, audio, video, animasi, games, fitur-fitur interaktif, dll) dengan tujuan untuk meningkatkan penyajian informasi dengan melibatkan pengguna secara lebih mendalam serta menunjukkan konsep-konsep inti karya
- Semua elemen media adalah komponen penting dalam menciptakan pemahaman dan dampak emosional.
0 komentar:
Posting Komentar